Persaingan dunia usaha
yang semakin kompetitif, mendorong perusahaan untuk menjadikan sumber daya
manusia sebagai aset utama dan mitra strategis dalam mencapai visi dan misi
perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan seringkali bersaing untuk mendapatkan
SDM yang kompeten dan berkualitas sedini mungkin. Untuk mendapatkan calon
karyawan yang berkualitas unggul dengan lebih cepat dibanding pesaing,
perusahaan biasanya memanfaatkan program magang (internship) bagi mahasiswa
tingkat akhir dari suatu Universitas.
Program Studi Manajemen FE UNPAD telah lama bermitra dengan
perusahaan-perusahaan nasional untuk memagangkan mahasiswanya. Keunggulan
mahasiswa Program Studi Manajemen FE UNPAD adalah mahasiswa pilihan yang masuk
universitas melalui jalur SPMB/UMPTN yang sangat ketat dan kompetitif, memiliki
daya saing unggul dengan kekhususan pengetahuan-pengetahuan di bidang keuangan,
pemasaran, produksi, sumber daya manusia, kewirausahaan, dan manajemen syariah.
Program Studi Manajemen FE UNPAD ter-Akreditasi "A"
dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Diknas. Menurut survey Majalah Tempo 2009,
lulusan Program Studi Manajemen FE UNPAD merupakan pilihan favorit ke-2
industri untuk ditempatkan lulusannya sebagai karyawan di perusahaan /
instansinya. Prestasi yang ditorehkan oleh dosen maupun mahasiswanya juga
sangat beragam, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Prestasi Internasional yang diraih mahasiswa, yaitu meraih 1st Winner of 2008 World Grand Finale
Global TIC Talentpreneur Award & Forum yang dilaksanakan oleh Global
TIC Association di Taiwan serta sebagai Candidate
of Finalist Teams for TIC Americas Young Enterpreneur Talent & Innovation
Competition, Columbia, Amerika Serikat.
Prestasi tingkat nasional adalah: (i) Best Paper of TQM 2007 yang diselenggarakan Jamsostek, (ii) sebagai
peraih beasiswa Fullbright untuk mengikuti kuliah setahun 2008/2009 di Montana
State University, Bozemen, Montana Amerika Serikat, (iii) Juara Karya Tulis
Nasional, (iv) Juara ke-3 Prasetya Mulya 2008 Marketing Plan Competition, (v)
Miss Indonesia 2007, (vi) Juara
ke-1 Brand Activation Plan Competition
2009 dari Prasetya Mulya Business School.
Perusahaan mitra magang diharapkan dapat memberikan
kompensasi dalam bentuk makan siang, bantuan transportasi, bantuan akomodasi,
dan atau honorarium.
ü Bagi Perusahaan:
1. Medapatkan SDM unggulan yang langsung dapat direkrut dan
diseleksi.
2. Mendapatkan akses langsung informasi SDM yang siap pakai dan
kompeten.
3. Mendapatkan ide segar, inovatif, dan kreatif dari mahasiswa peserta program
magang.
4. Mendukung pelaksanaan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilities) perusahaan.
ü Bagi Mahasiswa:
1. Memperkuat keterampilan kerja mahasiswa sekaligus
mempraktekkan langsung ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah ke dunia
kerja.
2. Mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja lebih cepat dan
profesional.
3. Menjadikan perusahaan tempat magang sebagai objek penelitian
untuk skripsi mahasiswa, sehingga skripsi yang dibuat benar-benar mencerminkan
masalah riil yang terjadi di perusahaan.
ü Bagi Institusi Program Studi Manajemen:
1. Membangun hubungan kemitraan dengan perusahaan mitra maganng.
2. Mendukung kurikulum pendidikan.
3. Mendukung Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Manajemen FE
UNPAD.
4. Mempersingkat waktu tunggu lulusan dan memperbesar penyerapan
lulusan ke dunia kerja.
ü Bagi Perusahaan
Program magang ini dapat
menjadi salah satu sumber rekrutasi, sehingga perusahaan dapat lebih cepat
untuk memperoleh kandidat-kandidat terbaik. Selain itu, program magang ini juga
dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk memanfaatkan ilmu yang dimiliki oleh
mahasiswa untuk melakukan riset-riset terkait dengan mencari solusi atas
permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan.
ü Bagi Institusi Program Studi Manajemen
Program magang ini
diharapkan dapat mempercepat waktu penyesuaian bagi lulusan Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAD dalam memasuki dunia kerja.
ü Bagi Mahasiswa
Sebagai sarana untuk
mengembangkan kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh sehingga
mampu mengatasi masalah-masalh riil yang terjadi di dunia kerja dan dapat
mendukung kapasitas kompetitif yang hendak mereka bangun.
·
Program ini diikuti oleh
mahasiswa S1 Program Studi Manajemen FE UNPAD semua konsentrasi (Pemasaran,
Keuangan, Sumber Daya Manusia, Operasi, Kewirausahaan, dan Manajemen Syariah).
Mahasiswa diseleksi melalui persyaratan administrasi.
·
Program internship ini dilaksanakan dalam jangka
waktu 3-6 bulan, dan dapat diperpanjang namun tidak melebihi 12 bulan,
tergantung pada kebijakan perusahaan yang menjadi mitra program magang.
·
Mahasiswa peserta program
magang diwajibkan bekerja secara fulltime,
sehingga mahasiswa yang dapat mengikuti program magang ini adalah mahasiswa
yang telah tutup teori dan sedang dalam proses penyusunan skripsi.
·
Program ini dapat diambil
pada saat kegiatan SAT untuk masa magang 2-3 bulan atau pada saat perkuliahan
semester Ganjil/Genap untuk masa magang lebih dari 3 bulan.
·
Penelitian skripsi yang
dilakukan oleh para peserta program magang ini diharapkan dapat berupa masalah
riil yang dihadapi oleh perusahaan yang menjadi tempat magang.
·
Program magang ini dapat
berbentuk penelitian yang dilakukan oleh Tim Mahasiswa sebagai upaya untuk
mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan mitra magang.
·
Peserta program magang
diwajibkan untuk membuat laporan ilmiah terkait dengan hal-hal yang
dilaksanakan dan dihadapi selama proses magang.
ü Persyaratan Akademis:
1. Mahasiswa minimal duduk di Semester 7 dan telah selesai teori
(Tidak ada perkuliahan di kelas) serta belum lulus ujian komprehensif dan
skripsi.
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3,00.
3. Skor TOEFL minimal 500.
4. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan program-program
komputer dengan baik.
5. Aktif dalam organisasi dan pernah terlibat dalam suatu
kepanitian, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun Program Studi.
ü Persyaratan Administrasi
Pada saat akan mengikuti
proses seleksi untuk program magang, mahasiswa harus menyerahkan
dokumen-dokumen sebagai berikut:
1.
Surat permohonan mengikuti
program magang yang ditujukan kepada perusahaan mitra magang yang dikehendaki.
2.
Fotokopi transkrip yang
dilegalisir oleh pejabat berwenang, masing-masing rangkap 2 (dua).
3.
Pasfoto (berwarna) terbaru
ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.
4.
Curriculum Vitae
(CV)/Daftar riwayat hidup rangkap 2 (dua).
5.
Fotokopi sertifikat skor
TOEFL.
6.
Surat keterangan bebas
teori dari ketua Program Studi.
7.
Fotokopi sertifikat
pelatihan komputer.
8.
Surat keterangan aktif
dalam kegiatan organisasi baik di tingkat fakultas maupun universitas.
9.
Surat keterangan sehat
dari dokter.
10. Surat keterangan kelakuan baik dari POLRES setempat.
11. Surat izin dari orang tua untuk mengikuti program magang.
12. Surat pernyataan bersedia bekerja secara full time dan mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan tempat
magang.
0 Response to "CONTOH SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN TERBARU DAN LENGKAP "
Posting Komentar