MODEL PEMBELAJARAN TERBARU
1. KARTU ARISAN
Media : Buat kartu (10x10 cm)
sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk
menulis soal
Gelas
Langkah – langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara
heterogen
2. Kertas jawaban bagikan pada
siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah berisi soal
dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang
memegang kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar maka
siswa dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang benar
siswa diberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok
merupakan penjumlahan point dari para anggotanya
6. Kelompok yang mendapat nilai
terbanyak akan diberi hadiah (buku tulis)
7. Dan seterusnya
2. EXAMPLE NON
EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar
yang relevan dengan KD/K
Langkah - langkah :
1. Guru mempersiapkan gambar-
gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar di papan
atau ditayangkan lewat LCD proyektor
3. Guru memberi petunjuk dan
memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Memalui diskusi kelompok 2-3
orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi
kesempatan membaca hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil
diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7. Guru memberikan 3-5 soal yg
dijawab singkat sesuai dengan hasil diskusi
8. Kesimpulan
kangmartho.com Page 2
3. PICTURE AND
PICTURE
Langkah - langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai
pengantar
3. Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan
materi sambil membuka sesen tanya jawab
4. Guru menunjuk/memanggil siswa
secara bergantian untuk menjelaskan gambar
5. Memasang/mengurutkan
gambar-gambar menjadi urutan yang logis
6. Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gamabar tersebut
7. Dari alasan/urutan gambar
tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang
ingin dicapai serta mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
8. Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif, metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan
dan bergantian secara lisan mengihtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari.
Langkah – langkah :
1. Guru membagi siswa untuk
berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi
tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan
siapa yang pertma berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar
4. Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam
ringkasannya. Sementara pendengar :
a.
Menyimak/mengkoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
b. Membantu mengingat/menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi
lainnya.
5. Bertukar peran,semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti
diatas
6. Kesimpulan
kangmartho.com Page 3
5. KEPALA BERNOMOR
STRUKTUR (Modifikasi Numbered Head Together)
Langkah – langkah :
1. Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. Penugasan diberikan kepada
setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3. Misalnya : Siswa nomor satu
bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga
melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
4. Jika perlu, guru bisa menyuruh
kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil
kerjasama mereka.
5. Laporan hasil kelompok dan
tanggapan dari kelompok yang lain.
6. Kesimpulan
6. ARTIKULASI
Langkah – langkah :
1. Menympikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi
sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap
siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4. Suruhlah seseorang dari
pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya
mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu
juga kelompok lain.
5. Suruh siswa secara
bergantian/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai
sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6. Guru mengulangi/menjelaskan
kembali materi yang sekirannya belum dipahami siswa
7. Guru memberikan soal-soal
untuk menguji ketercapaian materi dan metode
7. Kesimpulan
7. MIND MAPPING
kangmartho.com Page 4
Sangat baik digunakan untuk
pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaliknya permasalhan yang
mempunyai alternatif jawaban
3. Membentuk kelompok yang
anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok
menginventaris/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6. Dari data-data di papan siswa
diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai kensep yang
diberikan guru.
8. MAKE A MATCH
(Mencari pasangan)
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu
yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu
buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
5. Setiap siswa yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu
dikocoklagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
9. DEBATE
Langkah – langkah :
1. Guru membagi dua kelompok
peserta debat yang satu pro dan satu lainya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk
membacakan materiyang kan didebatkan oleh kelompok diatas
kangmartho.com Page 5
3. Setelah selesai membaca
materi. Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu
ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa bisa mengemukakan jawabannya
4. Sementara siswa menyampaikan
gagasanya guru menulis ide-ide dari setiap pembicaraan dipapan tulis. Sampai
sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
5. Guru menambahkan konsep/ide
yang belum terungkap
6. Dari data-data dipapan
tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan /rangkuman yang mengacu pada
topik yang ingin dicapai.
10. ROLE PLAYING
Langkah – langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang
ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa
yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah
ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk
dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang
sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan,
masing – masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan
secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
0 Response to "10 METODE PEMBELAJARAN TERBARU DAN MENYENANGKAN"
Posting Komentar