LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN ACTIVE LEARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
- Teman yang Kita Miliki
URAIAN SENGKAT
Kegiatan ini memperkenalkan gerak fisik dari awal pelajaran
dan membantu siswa lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan ini berlangsung cepat
dan sangat menyenangkan serta lebih memotivasi siswa untuk aktif di kelas.
PROSEDUR
1. Buatlah daftar kategori yang menurut anda cocok dalam
kegiatan pengenalan bagi siswa yang anda ajar. Kategori umumnya meliputi:
Bulan kelahiran dan Zodiak
Orang yang menyukai/tidak menyukai.....(kenali preferensi
semisal, puisi, drama. ilmu pengetahuan, atau kornputer)
Favorit (kenali segala benda atau barang, misalnya buku.
lagu, atau restoran cepat saji).
Tangan mana yang digunakan untuk menulis.
Wama sepatu.
Kesetujuan atau ketidaksetujuan terhadap pernyataan atau
opini pada persoalan aktual (misalnya.. "Asuransi perawatan kesehatan
harus bersifat menyeluruh.")
Kita juga dapat menggunakan kategori-kategori yang terkait
langsung dengan mata pelajaran yang kita ajarkan, misalnya:
Penulis favorit
Orang yang setuju/tidak setuju.... (kenali sebuah
persoalan yang terkait dengan topik pelajaran anda).
Orang yang tahu/tidak tahu siapa atau apa (kenali orang
atau konsep yang terkait dengan topik pelajaran anda)
2. Kosongkan sebagian ruang kelas agar siswa bisa bergerak
lebihi bebas.
3. Sebutkan satu kategori. Arahkan siswa untuk menempatkan
secepat mungkin posisi sesuai dengan kategorinya masing-masing
orang-orang yang terkait dengan kategori yang diberikan.
Sebagai contoh, siswa yang kidal dan yang tidak kidal akan dipisah menjadi dua
kelompok, atau, mereka yang setuju dengan sebuah pernyataan akan dipisahkan
dari mereka yang tidak setuju. Jika kategorinya berisi lebih dari dua pilihan
(misalnya, bulan dari hari ulang tahun siswa), perintahkan siswa untuk
berkumpul dengan mereka yang bulan kelahirannya sama, yang dengan demikian akan
membentuk beberapa kelompok.
4. Ketika siswa telah membentuk regu yang pas, perintahkan
mereka untuk berjabat tangan dengan "teman yang mereka memiki".
Perintahkan semua untuk mengamati kira-kira berapa banyak orang dalam
masing-masing kelompok.
5. Beranjaklah segera ke kategori berikutnya. Upayakan agar
siswa terus bergerak dari satu kelompok ke kelompok lain ketika anda mengumumkan
kategori-kategori baru.
6. Perintahkan seluruh siswa untuk kembali ke tempat
masing-masing. Diskusikan keragaman siswa yang terungkap dari aktivitas itu.
7. Lakukan kegiatan tanya jawab terhadap kegiatan tersebut
dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menjawab setiap pertanyaan
yang dilontarkan
8. Membuat kesimpulan dalam bentuk resume kegiatan.
0 Response to "CONTOH LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN ACTIVE LEARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR"
Posting Komentar