Latest Updates

CONTOH LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN ACTIVE LEARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR



LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN ACTIVE LEARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  •  Teman yang Kita Miliki

URAIAN SENGKAT
Kegiatan ini memperkenalkan gerak fisik dari awal pelajaran dan membantu siswa lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan ini berlangsung cepat dan sangat menyenangkan serta lebih memotivasi siswa untuk aktif di kelas.
PROSEDUR
1. Buatlah daftar kategori yang menurut anda cocok dalam kegiatan pengenalan bagi siswa yang anda ajar. Kategori umumnya meliputi:
 Bulan kelahiran dan Zodiak
 Orang yang menyukai/tidak menyukai.....(kenali preferensi semisal, puisi, drama. ilmu pengetahuan, atau kornputer)
 Favorit (kenali segala benda atau barang, misalnya buku. lagu, atau restoran cepat saji).
 Tangan mana yang digunakan untuk menulis.
 Wama sepatu.
 Kesetujuan atau ketidaksetujuan terhadap pernyataan atau opini pada persoalan aktual (misalnya.. "Asuransi perawatan kesehatan harus bersifat menyeluruh.")
Kita juga dapat menggunakan kategori-kategori yang terkait langsung dengan mata pelajaran yang kita ajarkan, misalnya:
 Penulis favorit
 Orang yang setuju/tidak setuju.... (kenali sebuah persoalan yang terkait dengan topik pelajaran anda).
 Orang yang tahu/tidak tahu siapa atau apa (kenali orang atau konsep yang terkait dengan topik pelajaran anda)
2. Kosongkan sebagian ruang kelas agar siswa bisa bergerak lebihi bebas.
3. Sebutkan satu kategori. Arahkan siswa untuk menempatkan secepat mungkin posisi sesuai dengan kategorinya masing-masing
orang-orang yang terkait dengan kategori yang diberikan. Sebagai contoh, siswa yang kidal dan yang tidak kidal akan dipisah menjadi dua kelompok, atau, mereka yang setuju dengan sebuah pernyataan akan dipisahkan dari mereka yang tidak setuju. Jika kategorinya berisi lebih dari dua pilihan (misalnya, bulan dari hari ulang tahun siswa), perintahkan siswa untuk berkumpul dengan mereka yang bulan kelahirannya sama, yang dengan demikian akan membentuk beberapa kelompok.
4. Ketika siswa telah membentuk regu yang pas, perintahkan mereka untuk berjabat tangan dengan "teman yang mereka memiki". Perintahkan semua untuk mengamati kira-kira berapa banyak orang dalam masing-masing kelompok.
5. Beranjaklah segera ke kategori berikutnya. Upayakan agar siswa terus bergerak dari satu kelompok ke kelompok lain ketika anda mengumumkan kategori-kategori baru.
6. Perintahkan seluruh siswa untuk kembali ke tempat masing-masing. Diskusikan keragaman siswa yang terungkap dari aktivitas itu.
7. Lakukan kegiatan tanya jawab terhadap kegiatan tersebut dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan
8. Membuat kesimpulan dalam bentuk resume kegiatan.

0 Response to "CONTOH LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN ACTIVE LEARING DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR"

Posting Komentar