Strategi Penilaian
Sederhana
Strategi-strategi yang berikut ini dapat digunakan dalam
kaitannya dengan upaya pembentukan tim. Semuanya dirancang untuk membantu
mempeiajari kelas anda sembari melibatkan siswa semenjak awal. Beberapa di
antara strategi itu memunginkan anda untuk menilai hal-hal tertentu tentang
siswa, sedangkan sebagian lain cukup berguna untuk memberi anda gambaran umum.
Strategi penilaian sederhana ini terutama berguna ketika anda tidak memliki
kesempatan untuk mempelajari karakteristik siswa anda sebelum saat dimulainya
pelajaran. Strategi-strategi itu juga bisa digunakan untuk memperkuat informasi
yang anda kumpulkan sebelum dimulainya pemberian materi pelajaran. Strategi ini dimaksudkan untuk memotivasi respon belajar siswa
Pertanyaan Penilaian
URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara menarik untuk mengolah dan menilai kelas
anda secara langsung dan pada saat bersamaan, melibatkan siswa dari awal kegiatan
dimulai untuk mengenal satu sama lain dan bekerjasama.
PROSEDUR
1. Susunlah tiga atau empat pertanyaan berupa pre-tes untuk
mernpelajari seperti apa siswa anda. Anda dapat menyertakan
pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal berikut ini:
Pengetahuan mereka tentang materi pelajaran
Sikap mereka terhadap materi pelajaran
Pengalaman-pengalaman siswa yang relevan dengan materi
pelajaran".
Keterampilan yang telah mereka dapatkan.
Latarbelakang mereka
Apa yang mereka butuhkan atau harapkan dari mata pelajaran
ini.
Bagaimana mengaplikasikanya dikehidupan sehar-hari nantinya
Tulislah pertanyaan-pertanyaannya agar bisa didapatkan
jawaban yang konkret. Hindari pertanyaan yang terbuka. Misalnya. tanyakan:
"Berapakah dari____ yang berikut ini yang kalian ketahui?" Bukannya
pertanyaan "Apa yang kalian ketahui tentang___?"
2. Bagilah siswa menjadi kelompok tiga orang (trio) atau
empat orang (kuartet) (tergantung Jumlah pertanyaan yang telah anda buat, Beri
setiap siswa satu dari masing-masing pertanyaan penilaian. Mintalah dia untuk
mewawancarai siswa lain dalani kelompok dan dapatkan (serta catat) jawaban atas
pertanyaan yang diberikan kepadanya.
3. Kumpulkan kembali siswa dalam sub-sub kelompok yang telah
diberi pertanyaan yang sama. Sebagai contoh. Jika terdapat 18 siswa, buatlah
menjadi kelompok-kelompok tiga orang. 6 dari mereka akan mendapatkan pertanyaan
yang sama.
4. Perintahkan tiap sub kelompok untuk menyatukan data
mereka dan mengikhtisarkannya. Kemudian perintahkan tiap sub kelompok untuk
melaporkan kepada seluruh siswa apa yang telah mereka
pelajari satu sama lain.
0 Response to "STRATEGI PENILAIAN SEDERHANA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK"
Posting Komentar